Sistem Tata Surya

Bumi adalah sebuah planet yang merupakan anggota tata surya. Apakah tata surya itu? Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet serta benda langit lainnya yang beredar mengelilingi matahari.

Matahari dikelilingi delapan planet dan benda-benda langit lain. Benda-benda   langit   tersebut   bergerak   di   angkasa.   Benda   langit bergerak dengan dua cara, yaitu berputar pada porosnya dan beredar mengelilingi matahari melalui garis edarnya. Garis edar benda langit berbentuk elips dan lazim disebut orbit.

1. MATAHARI sebagai Pusat Tata Surya

Bumi, bulan, dan anggota tata surya lainnya bergerak mengelilingimatahari pada lintasan tertentu. Matahari memiliki gaya gravitasi untuk menarik planet-planet dan benda-benda langit lain. Tetapi, planet punmemiliki gaya tolak sehingga tidak ada planet yang tertarik dan masukke matahari. Karena ada gaya gravitasi dan gaya tolak planet, maka beredarlah planet mengelilingi matahari.

Gambar Matahari sebagai pusat tata surya

Dilihat dari ukurannya, matahari sangat besar. Volume matahari hampir 1.000.000 kali volume bumi. Matahari merupakan bola gas yang sangat panas dan menghasilkan cahaya. Cahaya matahari membutuhkan waktu sekitar 8 sampai 28 detik untuk sampai ke bumi.

Gambar Matahari

2. Planet-Planet

Planet adalah benda langit dalam tata surya yang beredar mengelilingi matahari pada lintasannya yaitu orbit. Planet tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi dapat memantulkan cahaya matahari. Planet yang beredar mengelilingi matahari berjumlah delapan, berdasarkan hasil pertemuan para ahli atau astronom dalam Unit Astronomi Internasional tanggal 24 Agustus 2006. Planet-planet itu adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pluto yang tadinya termasuk ke dalam planet, sekarang dinamakan planet kerdil yang masuk ke dalam satelit.

A. MERKURIUS

Planet terdekat dari matahari adalah Merkuriu. Diameternya sekitar 4.878 km. Jarak dari matahari sekitar 57.910.000 km. Suhu pada siang hari sekitar 400°C, dan pada malam hari suhunya sekitar -200°C. Waktu revolusinya adalah 88 hari, dan waktu rotasinya adalah 59 hari.

B. VENUS

Planet yang kedua adalah Venu. Diameternya 12.104 km. Jarak dari matahari sekitar 108.210.000 km. Venus merupakan planet yang memantulkan cahaya paling terang di antara planet yang lain. Planet Venus sering disebut juga bintang kejora. Waktu revolusinya 224 hari dan waktu rotasinya 243 hari.

C. BUMI

Planet bumi adalah planet yang berpenghuni. Di bumi terdapat atmosfir dan suhu udaranya sedang, juga terdapat air yang melimpah dan gas oksigen yang memungkinkan makhluk hidup untuk hidup dan berkembang. Jarak dari matahari sekitar 149.600.000 km. Diameter Bumi 12.756 km. Permukaan bumi terdiri dari 70% air dan 30% daratan. Bumi memiliki satu satelit. Satelit adalah benda langit yang mengelilingi planet dan tidak memiliki cahaya sendiri, satelit bumi adalah bulan. Waktu revolusi bumi adalah 365 — hari dan waktu rotasinya 23 jam 56 menit atau 24 jam.

D. MARS

Diameter planet Mars adalah 6.794 k. Jarak ke matahari sekitar 227.940.000 km. Planet Mars dikenal dengan planet merah karena permukaannya ditutupi lapisan oksida besi sehinga langit di sekitarnya berwarna merah. Waktu revolusinya 687 hari dan rotasinya 24 jam 36 menit. Planet Mars memiliki dua satelit.

E. JUPITER

Jupiter adalah planet terbesar dengan diameternya 142.800 km. Jaraknya dengan matahari 778.300.000 km. Waktu revolusinya 11.8 tahun dan waktu rotasinya 9 jam 48 menit. Jupiter memiliki 16 satelit. Empat satelit terbesar bernama Io, Kalisto, Europe, dan Ganimede.

F. SATURNUS

Diameternya 120.000 km. Jarak dari matahari 1.427.320.000 km dan waktu rotasinya 29,4 tahun dan waktu rotasinya 10 jam 12 menit. Saturnus adalah planet paling indah karena memiliki cincin. Cincin tersebut terbentuk dari kumpulan batu dan es yang sangat banyak yang berputar sangat cepat. Planet Saturnus memiliki 18 satelit yang terbesar bernama Titan dan yang terkecil bernama Phoebo.

G. URANUS

Planet Uranus berdiameter 52.000 km jarak dari matahari 2.836.840.000 km, waktu rotasinya 17 jam 24 menit, dan waktu revolusinya 84 tahun. Planet ini memiliki 25 satelit.

H. NEPTUNUS

Diameter Neptunus 48.400 km jarak dari matahari 4.478.4409.000 km. Planet ini merupakan kembaran dari Uranus. Waktu revolusinya 164,8 tahun dan waktu rotasinya 16 jam 6 menit. Planet ini memiliki 15 satelit.

Peredaran Planet-Planet dalam Tata Surya

Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Waktu yang diperlukan planet untuk sekali revolusi disebut kala revolusi. Kala revolusi bumi ditetapkan sebagai satuan yang dinamakan satu tahun. Sebagai perbandingan, kala revolusi planet-planet dapat dilihat pada tabel berikut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: